Search This Blog

Friday 15 May 2015

TAUSIYAH DAN IFTHOR JAMA’I
AHAD, 21 JULI 2013/ 12 RAMADHAN 1434 H

 Alhamdulillah, pada tanggal 21 Juli 2013 telah dilaksanakan acara tausiyah dan ifthor jama’I Rumah Belajar Shareefa. Acara ini dihadiri oleh sekitar 80 adik Rumah Belajar Shareefa, 30 orang panitia, relawan dan donatur RBS. Acara ini dibuka dengan tilawah dan yel-yel dengan aneka games mentoring, yaitu :
Games 1

Perkenalan anggota Kelompok
1.         “Abdul Nama Saya, Ini Buku”
Tujuan   :   Menghafal nama masing-masing mad’u
Waktu   :   10-20 menit
Bahan   :   Sesuatu yang tersedia, misalnya buku
Petunjuk
Semua mad’u duduk dalam bentuk lingkaran. Satu mad’u memegang buku dan memberikannya pada teman di sebelahnya sambil mengucapkan kalimat: “Nama saya Abdul, buku ini saya berikan kepadamu!” Mad’u yang kedua menerima buku itu, lalu berkata: “Buku ini saya terima dari Abdul. Nama saya Ahmad dan buku ini saya berikan kepadamu!” kepada teman di sebelahnya, lalu dilanjutkan ke teman di sebelah dan di sebelahnya lagi, dan seterusnya. Setiap mad’u harus mengulang nama peserta yang sudah memegang buku sebelumnya, misalnya: “Buku ini saya terima dari Udin, dan Udin menerimanya dari Ahmad, Ahmad menerimanya dari Abdul. Nama saya Roni dan buku ini saya berikan kepadamu!” Kalau kelompok terdiri dari lebih dari 10 orang, sebaiknya permainan ini diulang sampai setiap orang hafal nama semua teman dalam kelompok. Ada baiknya kalau tempat-tempat duduk ditukar dulu sebelum permainan diulang.

Perlengkapan : 1 buah pulpen/buku

Games 2

Menebak nama benda yang ada ditempelkan di kepala temannya, hanya boleh memberikan petunjuk, tidak boleh menyebut nama bendanya.

Perlengkapan Label nama, Spidol
Setiap anak yang bisa menebak dengan cepat dan benar mendapatkan hadiah

Games 3

build up your own product

Peralatan : sedotan, selotip, gunting semua hal bisa dimasukkan.

Cara bermain :

bagi team menjadi beberapa bagian
serahkan bahan yang dipunya. bahan tidak harus beli, dapat menggunakan sampah daur ulang yang masih bisa digunakan.
berikan sebuah misi. berikut ini alternatif misi yang dapat diberikan. seru banget loo..
membuat menara tertinggi dan terkokoh dari terpaan angin dan cuaca

pemenang adalah yang mampu menyelesaikan misi dengan baik
Para peserta yang demikian banyak dibagi kedalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 13 dan 14 anak yang  didampingi oleh dua orang panitia, donatur dan relawan yang bertindak sebagai mentor.
Games yang paling menarik perhatian adalah “Build Up your Own Product” dimana adik-adik ini begitu antusias mengembangkan imajinasinya dengan sedotan, selain mengasah daya imajinasi dan kreativitas, games ini juga mengajarkan bagaimana kerjasama kelompok.


No comments:

Post a Comment